Kamis, 06 Juni 2013

Posted by Mohammad Nur Udin | File under :
Ini adalah lanjutan dari Istilah-Istilah Yang Digunakan Dalam Olahraga Futsal (A-H).
Berikut ini menampilkan Abjad I-O :

Indirect Free Kick (Tendangan Bebas Tidak Langsung) – Salah satu keputusan wasit dalam memberikan tendangan bebas. Dimana penendang tidak boleh melakukan shoot langsung ke gawang dan apabila bola masuk karena shooting langsung tanpa menyentuh pemain lawan atau tanpa terlebih dahulu melakukan operan ke teman maka jika masuk ke gawang tidak dianggap GOL. Pada peraturan terbaru dari FIFA, tendangan kick off tidak lagi langsung.

Interlock – Istilah untuk menyebut jenis lapangan futsal yang menggunakan bahan plastik dan berbentuk puzzle.

Indoor (Dalam Ruangan) – Lapangan futsal yang berada di dalam gedung atau ruangan.

Jersey (Kostum) – Sebutan untuk kostum tim, dan kostum kiper haruslah berbeda dengan kostum pemain biasanya dibedakan dari segi warna.

KasPer (Komunitas Kiper Futsal Kaskus) – Salah satu komunitas di Kaskus yang anggotanya berisikan kiper-kiper futsal. Banyak info ilmu serta tips tentang kiper futsal disini.

Kick In (Tendangan Ke dalam) – Tendangan yang dilakukan ketika bola meninggalkan area samping lapangan (Out). Tendangan ini harus dilakukan dalam keadaan bola diam, tidak memantul, serta posisi bola tepat pada garis. Dan jangan lupa posisi penendangan dan kaki harus berada di luar lapangan.

Kick Off – Tendangan memulai pertandingan dari titik tengah lapangan. Dan berdasarkan peraturan FIFA terbaru, tendangan kick off saat ini bersifat indirect kick dan passing dari kick off harus mengarah ke daerah lawan tidak boleh ke belakang/daerah sendiri.

Knee Pad (Pelindung Lutut) – Perlengkapan kiper futsal yang menurut saya wajib dimiliki. Karena dalam futsal, lutut kita akan sering melakukan benturan dan gesekan terhadap lapangan dimana hal ini bisa menyebabkan cedera.

Knee Support – Perlengkapan kiper ynag memiliki fungsi kurang lebih sama dengan Knee Pad, namun tanpa busa. Juga bisa digunakan untuk pemain yang menderita cedera pada lututnya.

L Position – Posisi yang biasa dilakukan oleh kiper futsal ketika berada dalam posisi one on one dengan pemain lawan. Dimana posisi lutut dari salah satu kaki turun seperti hendak menyentuh lapangan dan tangan direntangkan kesamping tubuh.

Latex – Merupakan istilah penyebutan bahan permukaan pada telapak sarung tangan kiper (gloves).

Last Man Standing – Sebutan untuk seorang kiper, dan biasa menjadi moto dari TS sekaligus pendiri dari Komunitas Kiper Futsal Kaskus (KasPer)

Man Of The Match – Award yang diberikan kepada pemain yang telah tampil maksimal dan memberikan kontribusi maksimal bagi tim-nya dalam suatu pertandingan.

M Position – Salah satu posisi lain yang biasa dilakukan kiper ketika one on one. Dimana posisi kaki merapat dan tubuh direndahkan dan tangan direntangkan ke kanan dan ke kiri seperti kaki pada huruf M.

One on One - Suatu keadaan dimana posisi kiper berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan

Outdoor - Lapangan futsal yang berada di luar ruangan, atau lawan dari Indoor.

0 komentar:

Poskan Komentar