Senin, 20 Mei 2013

Posted by Unknown | File under : ,

Blog adalah sebuah website yang gratis dan mudah untuk digunakan baik bagi pemula atau yang sudah paham seluk beluk tentang IT. Blog sekarang banyak digunakan untuk mempost atau berbagi sebuah informasi ataupun berita. Dan beraktivitas menjadi blogger itu menjadi sebuah kegiatan yang disukai oleh orang banyak.

Banyak yang berlomba untuk membuat blog sebagus mungkin, semenarik mungkin, baik dari segi tampilan ataupun dari segi informasi yang dibagikan.

Disini, Saya tidak mau membahas tentang tampilan blog yang baik itu. Tetapi Saya akan sedikit memberikan sebuah pengertian bagaimana menulis post di blog yang baik itu.

1.       Kreatif dan Inovatif

Menjadi seorang blogger memang dituntut oleh sebuah pola pikir yang kreatif dan inovatif karena dalam mempost itu harus memiliki mutu dan kualitas dan juga memberi sebuah pesan atau membuat pembaca merasa puas atas post yang telah dibuatnya. Maka, kekreatifan seorang blogger diperlukan.

2.       Bahasa

Bahasa yang baik, mudah dipahami, dan santun itu akan lebih disukai pembaca disamping bahas yang tidak terlalu ribet. Memang, blog tidak harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan. Tapi, alangkah baiknya menggunakan bahasa yang baik, sopan dan mudah dimengerti. Minimalislah menggunakan bahasa-bahasa yang kurang baik atau bahasa yang kurang nyaman dibaca orang lain. Jika menggunakan bahsa daerah atau bahasa yang belum dimengerti, berilah sedikit penjelasan tentang bahasa itu agar peembaca tidak merasa bingung. Usahakan juga jangan menggunakan bahasa yang fulgar.

3.       Sesuai dengan Kontek Materi

Sesuaikan materi yang akan kita post. Jika akan mempost sebuah fakta, maka tulislah yang sebenar-benarnya. Bukannya mengada-ada fakta baru. Jika tentang sebuah artikel, buatlah artikel itu yang bisa dipertanggungjawabkan. Apabila konteknya humor, tetap jangan lupa norma-norma bahasa dan sopan santun tapi tidak mengurangi kelucuan materi tersebut. Jika materinya tentang sebuah berita atau kabar, buatlah itu apa adanya sesuai dengan fakta. Bukan mengada-ada kabar yang tidak jelas.

4.       Copy Paste

Menjadi seorang blogger pasti ada dan melewati masa-masa krisis informasi. Ini adalah posisi dimana kita akan merasa bingung mau mempost apa lagi. Saya yakin hal ini akan terjadi.
Nah, dari masalah ini maka akan muncul ide untuk meng-copy paste sebuah materi blog dari sumber lain. Hal ini sebenarnya tidak salah, dan tidak juga dibenarkan. Tapi, bagaimana lagi?
Kualitas materi itu akan lebih kuat jika materi itu asli pemikiran sendiri dan atas pengetahuan sendiri dan kemudian dibagikan agar orang lain bisa tahu apa yang kita tahu. Sebenarnya hasil copy-paste bisa berkualitas jika itu tidak ketahuan bahwa itu adalah hasil coppy-paste, jika ketahuan maka reputasi blog kita akan terlihat buruk dimata pembaca.
Mulai sekarang, pikirkan lagi mau ke copy-paste atau lebih ke membuat materi asli.

4 hal diatas tadi adalah hal-hal dasar sebelum mempost sebuah post diblog. Semoga informasi diatas bisa menjadi sebuah referensi dan menjadi pengetahuan bagi Anda.

Selamat melanjutkan aktivitas Anda diblog, dan terimakasih. J

1 komentar:

  1. LANSUNG DAFTAR KE ZEUSBOLA!

    ADA PROMO TERBARU DAN MENARIK!

    JANGAN SAMPAI KETINGGALAN!


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607





    BalasHapus