Minggu, 26 Mei 2013

Posted by Unknown | File under : ,

Kabar gembira buat para pendaftar program SNMPTN tahun 2013, yaitu majunya jadwal pengmuman yang dulu direncanakan akan diumumkan pada tanggal 28 Mei. Tapi, diajukan menjadi tanggal 27 Mei 2013.  Sekitar pukul 18.00 WIB.



SNMPTN tahun ini diikuti sekitar 780 ribu pendaftar dan memperebutkan 132 ribu kursi perguruan tinggi saja. Ini dikarenakan karena sistem tahun ini tidak menggunakan akreditasi sekolah dan kuota siswa pendaftar dari tiap-tiap sekolah. Dengan kata lain semua siswa berhak dan bisa mendaftar program SNMPTN.

Bagi yang belum diterima di program SNMPTN bisa mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri) yang mana hingga tanggal 7 Juli 2013 nanti. Dan pada tanggal 18-19 Juli tes akan diadakan. Tes SBMPTN sendiri bebarengan dengan pendaftaran ulang program SNMPTN. Jadi buat yang sudah di terima program SNMPTN pertimbangkan baik-baik. Akan memilih jalur mana. Bagi yang yakin SNMPTN dan sudah mendaftar SBMPTN maka tidak menjadi masalah ketika harus meninggalkan SBMPTN. Bagi yang diterima SNMPTN tetapi tetap tidak diambil, panitia SNMPTN tidak akan marah. Tetapi ini berimbas sebuah "black list" dari PTN yang bersangkutan ke asal sekolah siswa yang tidak mengambil.

Jadi pikirkan baik-baik terkait 2 hal ini.

SNMPTN sendiri mengambil 50% dari kuota tiap-tiap prodi, sedangkan SBMPTN menerima 30% dari kuota tiap-tiap prodi.

0 komentar:

Posting Komentar