Sabtu, 18 Mei 2013

Posted by Unknown | File under : ,

Sebelumnya HTC dan Samsung sudah menjadi mitra Google dalam merilis generasi pendahulu Nexus. Sedangkan Asus menjadi vendor ketiga yang mendapatkan kepercayaan Google untuk menghadirkan tablet pertamanya, Nexus 7.

Dan kini Google akan memperkenalkan update fitur terbaru yang akan disematkan pada Android Jelly Bean melalui smartphone Nexus 4. Meskipun di awal kehadirannya versi Jelly Bean masih menggunakan kode 4.1, namun sejumlah peningkatan fitur dan performa terlihat jelas dibandingkan versi Ice Cream Sandwich. Lalu sejauh mana performanya?

Desain

Layaknya ponsel high-end lain, Google Nexus 4 juga menggunakan desain unibody. Meskipun begitu masih dapat ditemui dua buah mur berukuran 'imut' di bagian bawah untuk membuka body ponsel dalam kondisi darurat.

Penggunaan desain slim unibody 'memaksa' LG harus meletakkan slot micro SIM pada sisi kiri bodyponsel. Posisinya bersebelahan dengan tombol kontrol volume. Untuk membuka 'laci penyimpanan' micro SIM diperlukan jarum khusus.

Di sisi kanan hanya ditemui tombol power untuk menyala/matikan ponsel dan membuka kunci layar. Seakan meneruskan tradisi, Google Nexus 4 juga tidak menyertakan slot penyimpanan eksternal. Jack audio disematkan di sisi atas dan di sisi bawah terdapat sebuah slot micro USB.

Pada bagian belakang body terdapat sebuah LED flash dan kamera utama lengkap dengan logo 'Nexus' di bagian atas serta logo LG dan sebauh speaker di bagian bawah. LG menggunakan material kaca pada bagian belakang lengkap dengan motif yang memberikan kesan mewah.

Berbeda dengan generasi kedua dan ketiga yang dipercayakan pada Samsung melalui seri Google Nexus S dan Galaxy Nexus, LG tidak memberikan sentuhan "body seksi melengkung" pada layar Google Nexus 4. 

Jika Anda ingat desain ZTE Grand X, tim Tekno Liputan6.com justru beranggapan jika tampak muka Google Nexus 4 lebih menyerupai ponsel besutan vendor China tersebut. Namun dengan bezel lebih tipis di sisi kiri dan kanannya menjadikan ponsel memiliki desain dan bobot ponsel terasa nyaman digenggam dengan satu tangan.

Layar

LG melapisi bagian layar Nexus 4 dengan bahan kaca tanpa ada sentuhan logo apapun, hingga terkesan sederhana namun berkelas. Pada bagian ini Anda akan menemukan tiga tombol virtual layar sentuh khas Android Jelly Bean yakni home, back, dan recent application. Pada sisi kanan atas terdapat sebuah kamera depan dengan resolusi 1.3MP untuk memotret dan melakukan panggilan video.

Layar sentuh berukuran 4.7 inci menggunakan teknologi True HD IPS Plus dengan kedalaman warna 318ppi dan resolusi 768x1184 piksel. Responsifitas layar baik dan mampu merespons setiap sentuhan. Saat tim Tekno Liputan6.com menguji kualitas warna pada layar menggunakan aplikasi Screen RGB, terlihat jika warna hitam terlihat kurang pekat, bahkan cenderung lebih mendekati warna abu-abu.

Sementara untuk warna merah, hijau, biru (RGB) terlihat kualitas warna lebih baik dan terlihat alami. Kemampuan layar merespons multi sentuhan hingga 10 sentuhan. Hasil tes menggunakan aplikasi Display Test menunjukkan jika responsivitas layar mampu merespon maksimal 10 sentuhan.

User Interface (UI)

Google menyertakan antar muka khas Jelly Bean dengan susunan aplikasi dan widget yang bisa dikostumisasi. Saat layar terkunci, Anda tetap bisa mengakse fitur kamera tanpa harus membuka kunci layar terlebih dahulu. Cukup dengan menggeser tampilan layar maka Anda bisa langsung mengaktifkan fitur kamera.

Selain bisa mengaktifkan fitur kamera saat layar terkunci, Anda juga bisa langsung menelusuri laman pencarian Google Now. Cukup dengan mengakses icon 'cincin kecil' yang terletak di bagian bawah logo kunci. Bukan hanya dua homescreen yang terlihat saat layar terkunci, Anda juga bisa menambahkan homescreen dengan aplikasi atau fitur seperti kalender, jam digital, email, gmail, pesan, dan Google Keep.

Susunan ikon aplikasi 5x5 dan widget 2x3 menjadikan tampilan terlihat lebih proporsional dan terasa nyaman saat mengaksesnya. Hanya saja Anda tidak bisa mengkostumisasi susunan aplikasi sesuai dengan kebutuhan, karena tampilannya disusun sesuai dengan alphabet.

Performa

LG-Google Nexus 4 dibekali dengan prosessor quad-core Snapdragon S4 Pro berkecepatan 1.5GHz yang mampu memberikan performa mumpuni. Saat digunakan untuk berpindah antar halaman, multitasking, browsing, bermain game, hingga menonton video berdefinisi tinggi tidak terlihat lag. Kami melakukan pengujian performa keseluruhan ponsel menggunakan aplikasi Quadrant Standard Edition.

Pada hasil pengujian terlihat jika Nexus 4 mendapatkan nilai tertinggi dengan nilai 4706 dibandingkan HTC One X dan Asus Transformer Prime. Performa CPU, memori, I/O dan grafis 3D mendapat nilai tinggi masing-masing sebesar 9.973, 7.119, 4.157, dan 2.000. Sedangkan pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu menunjukkan nilai 16.849.

Smartphone pertama yang mengusung sistem operasi Android Jelly Bean sepintas tampilannya menyerupai versi Ice Cream Sandwich. Tetapi saat ditelusuri bayak peningkatan yang ditemui untuk mempermudah Anda memaksimalkan ponsel.

Pada sisi multimedia Nexus 4 absen menyertakan radio, namun sejumlah fitur multimedia lain tetap bisa dimaksimalkan yakni pemutar musik, kamera, video, voice record. Speaker kecil yang terletak di body belakang tidak terasa cempreng ketika dalam volume penuh.

Kamera utama dengan sensor 5MP mampu membidik gambar dengan kualitas baik, bahkan saat minim cahaya dan tidak menggunakan cahaya tambahan. Pada bagian depan, terdapat kamera 1.3MP untuk berfoto diri dan melakukan panggilan video.



Fitur Unggulan

- Google Nexus 4 merupakan ponsel pintar pertama yang menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean. Peningkatan performa, user interface pun dapat dengan mudah ditemui pada perangkat ini.

- Kamera dengan sensor 8MP didukung dengan fitur Panorama dan Photo Sphere. Fitur Photo Sphere memungkinkan Anda membidik objek 360 derajat dan pertama kali ditemui pada Google Nexus 4. Sedangkan fitur panorama membantu Anda membidik foto hingga 180 derajat tanpa harus menginstall aplikasi.

- Sistem operasi Jelly Bean Pertama. Layaknya seri Nexus terdahulu, Google Nexus 4 menjadi perangkat pertama yang menggunakan Android versi teranyar. Ditambah juga Google melimpahi aplikasi khasnya mulai dari Drive, Earth, Goggles, hingga Current. Semua aplikasi ini sudah pre-install dalam LG-Google Nexus 4.

Komentar

Untuk mengembangkan generasi keempat smartphone Nexus, Google bekerja sama dengan LG merilis smartphone Google Nexus 4. Dengan mengusung desain premium dengan balutan plastik kaca di sisi depan dan belakang menjadikan Nexus 4 terlihat mewah, meskipun lengkungan dan bobotnya terasa kurang nyaman saat disimpan dalam saku celana.

Responsifitas layar cukup baik dan mampu digunakan hingga sepuluh sentuhan sekaligus. Kualitas foto bagus meskipun masih kurang jika dibandingkan bidikan kamera Sony Xperia Z dan iPhone 5. Pada sisi audio, speaker kecil yang terletak di bagian belakang bawah body ponsel masih terdengar baik dan tidak cempreng.

Saat digunakan secara normal untuk bermain game, menelusuri laman web, menonton video, dan membidik objek dengan kamera, baterai bertahan hingga hampir dua hari. Selain itu baterai juga tidak mudah panas bahkan saat digunakan untuk multitasking.

Spesifikasi

Harga : Rp 5.499.000
Jaringan : GSM 850/900/1800/1900MHz
Dimensi : 133.9 x 68.7 x 9.1 mm
Berat : 139 gram
Display : 4.7 inci, True HD IPS Plus Capasitive Touchscreen, 16M color, 768x1280 piksel, 318ppi
Kamera : 8MP, 3264x2448 piksel, autofocus, LED flash, 1080p@30fps, 1.3MP (front)
Konektivitas : WiFi 802.11 a/b/g, DLNA, NFC, microUSB, Bluetooth v4.0 with A2DP, A-GPS
Prosessor : Qualcomm APQ8064 Snapdragon quad-core 1.5GHz Krait
Memory : RAM 2GB
Sistem operasi : Android 4.2 Jelly Bean
Storage : 8 GB /16 GB
Baterai Li-Poli 2100mAh

1 komentar:

  1. Dengan minimal deposit hanya Rp 50.000 saja sudah bisa mainkan permainan yang ada di ZEUSBOLA

    PROMO :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS FREECHIP EXTRA !!

    ◘◘Support bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Cimb Niaga◘◘


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    BalasHapus